KH. Abdul Hamid (1333 H/1914 M - 1985 M)

SEMUA ORANG MERASA PALING DISAYANG

KH. ABDUL HAMID
Lahir: pada tahun 1333 H
Bertepatan dengan 1914 M,
di Desa Sumber Girang, Lasem,
Rembang, Jawa Tengah.
Wafat: 25 Desember 1985 M.
Pendidikan: Pesantren Talangsari,
Jember; Pesantren Kasingan,
Rembang, Jateng; Pesantren Tremas,
Pacitan, Jatim.
Pengabdian: Pengasuh Pesantren
Salafiyah, Pasuruan, Jatim.


ANGIN bergerak perlahan. Hening. Jam menunjuk pukul 01.00 lebih. Warga Pesantren Salafiyah, Pasuruan, dan sekitarnya lelap tidur nyenyak.
Krosak! Tiba-tiba suara daun terlanggar batu menyeruak keheningan. Sejurus kemudian terdengar lagi suara itu yang kedua dan ketiga kali.
“Faisal, hari sudah malam. Waktunya tidur”, terdengar teguran halus dari arah belakang pelempar batu itu.
Faisal (bukan nama sebenarnya), santri Salafiyah yang terkenal badung, tidak menyahut. Ia yakin, itu suara anak santri lain yang ingin menggodanya, dengan meniru suara Kiai Hamid. Faisal memungut batu lagi dan melempar pohon mangga di depan rumah pengasuh pesantrennya itu.
“Faisal, hari sudah malam. Waktunya tidur,” terdengar suara lembut itu lagi dari arah belakang anak yang suka melucu itu. Begitu lembut, selumbut semilir angin tengah malam.
“Sudahlah, kau tak usah usil. Aku tahu siapa kau,” sergah Faisal sambil melempar lagi.
Lagi-lagi lemparannya luput. Ia semakin tidak sabaran melihat mangga yang ranum itu. “Faisal, hari sudah malam. Ayo tidur, tidur.” Suara itu masih halus, tanpa emosi. (Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kiai ini ada di Buku"MENAPAK JEJAK MENGENAL WATAK,Sekilas Biografi 26 Tokoh NU")

Comments :

0 comments to “KH. Abdul Hamid (1333 H/1914 M - 1985 M)”

Posting Komentar

 

Album

KH. Saifuddin Zuhri memberi sambutan pada acara Harlah NU ke-40, tahun 1966...

Album

KH. Saifuddin memberikan gelar Doktor Honoris Causa Bidang Da'wah kepada Presiden RI Ir. Soekarno, pada tanggal 02 Desember 1964

bingkai foto

Album

KH. Saifuddin Zuhri (no. tiga dari kanan) bersama Delegasi Indonesia lainnya yang dipimpin oleh Presiden Soekarno, akan bertolak untuk menghadiri Konperensi Asia Afrika II di Aljazair, 26 Juni 1965